Sabtu, 30 Januari 2010

Kombinasi

Suatu hari bosan juga merenda dengan benang katun putih. Tapi mau coba benang warna lain, persediaan benang katun putih masih banyak, belum lagi benang2 sulam berwarna bekas kruistik. Pikir2 gimana kalau kedua jenis benang yang berbeda ini aku kombinasikan...?? Hm....maka dengan motif yang sederhana, jadilah alas gelas yang cantik dan menarik ini.


Jumat, 29 Januari 2010

Renda Motif Kecil dalam Rangkaian

Kamis, 28 Januari 2010

Motif Kecil




Motif kecil-kecil seperti ini bila dirangkai secara diagonal atau diberi sedikit sentuhan kombinasi warna akan menghasilkan karya yang indah.

Minggu, 17 Januari 2010

Ada Bedanya

Setelah sekian tahun menekuni hobby merenda dengan benang dan bereksperimen dengan berbagai macam benang, ternyata ada bedanya juga, terutama dalam proses pengerjaan.
Ketika menggunakan benang wol / siet akan terasa beda bila menggunakan benang katun seperti benang kasur, demikian pula dengan penggunaan benang katun import.
Kesimpulanku, semakin besar dan kaku atau keras benang, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Begitu pula tenaga yang dibutuhkan makin besar. Berbeda dengan penggunaan benang sejenis benang wol / siet yang lebih lembut dan ringan, pengerjaan akan lebih cepat. Lamanya proses pembuatan juga tergantung pada kerumitan motif yang dipilih dan seberapa besar bentuk yang diinginkan.
Akhirnya terjawab sudah pertanyaanku selama ini. Dulu aku punya teman yang terbiasa membuat renda untuk keperluan bayi. Kulihat cara dia mengerjakan cepat sekali, bahkan dalam satu hari dihasilkan beberapa pakaian bayi. Aku heran bagaimana bisa...?? Kini terjawab sudah, hal ini dikarenakan jenis benangnya.

Bagaimana dengan anda, apakah mengalami hal yang sama denganku....??


Rabu, 13 Januari 2010

Motif lain Taplak Meja Makan



Benang katun putih tulang.




Benang katun putih.

Hm.... kalau motif ini dipakai untuk bedcover pasti cantik juga, hanya kebutuhan benangnya akan lebih banyak.
Pembuatan taplak di atas membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk 1 taplak meja ukuran standar. Motifnya aku contoh dari Ondori.

Selasa, 12 Januari 2010

Motif Diagonal


Motif-motif kecil dan sederhana, bila dirangkai secara diagonal juga terlihat manis. Kita akan mendapatkan pinggiran loper yang bergerigi.

Acak Adul Warna

Suatu hari, aku beres - beres lemari. Eh....ada banyak benang wol sisa kerajinan tangan kruistik. Pikir-pikir dibuat apa ya.....
Aha....!! browsing sana sini cari ide, akhirnya jadilah 2 sarung bantal dengan kombinasi warna yang cukup menarik. Hm.... cantik juga. Dengan pengerjaan sederhana (tanpa pola renda yang rumit), cukup dengan mengkombinasikan warna-warna yang ada ternyata dapat menghasilkan karya yang menarik.